AKSI ORGANISASI PROFESI KESEHATAN DI PASAR LAMA-PERBAUNGAN-KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

AKSI ORGANISASI PROFESI KESEHATAN DI PASAR LAMA-PERBAUNGAN-KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 oleh Organisasi Profesi Kesehatan, semakin ditingkat kan & semakin meluas. Siang ini,di hari sabtu tgl.5 September 2020 diadakan di Pasar Lama, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai oleh:
Persatuan Perawat Nasional Indonesia  Sumatera Utara (PPNI) bersama  DPD PPNI Kab.Serdang Bedagai, Ikatan Dokter Indonesia  (IDI) Wilayah Sumut & Cab.Sergei, Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut & Sergei,   Ikatan Bidan Indonesia Cab, Sergei. 

Panas terik siang hari dari jam 10.30 - 12.30, para relawan dari berbagai organisasi profesi menelusuri lorong lorong, & jejeran kios di pasar tradisional di kota perbaungan. Melakukan sosialisasi, edukasi tentang  penularan covid-19, serta membagikan  masker gratis ,leaflet protokol kesehatan kepada para pedagang & pembeli di pasar tersebut. 

Saat para relawan memasuki kios pedagang, serta memberikan masker & leaflet , banyak yang menolak, serta acuh kepada para relawan PPNI.Setelah ditanyakan mengapa mereka bersikap demikian, ternyata mereka berpikir yang datang tsb para sales atau penjual masker, karena selama ini banyak yang datang ke toko menjual masker. 

Hal tersebut menjadi tantangan kepada para relawan menjelaskan kehadiran organisasi profesi perawat ke pasar tradisional adalah untuk membantu para pedagang, dalam sosialisasi penting nya patuh terhadap penerapan protokol kesehatan, pencegahan & penularan Covid-19. Agar para Pengunjung & pembeli merasa aman & nyaman datang belanja, tidak was was dengan mata rantai penularan  Covid-19  di pasar tsb. Serta tidak muncul cluster baru, penularan covid-19 di pasar tradisional tsb yang berdampak buruk pada kehidupan & perekonomian para pedagang. 

Setelah dijelaskan, mereka mengucapkan terima kasih,kepada para relawan , sudah berkenan datang & memberikan pencerahan pada mereka, serta telah  memotivasi  untuk tetap semangat dalam berusaha, serta memanjatkan do'a agar pandemi ini segera berakhir.